Wednesday, September 5, 2012

10 Kota destinasi liburan di jerman ( versi pribadi )

Jerman. Siapa yang tak kenal dengan negara ini ? Negara yang terkenal dengan sepakbola dan industri nya ( sepertinya semua tahu apa itu Mercedes Benz, BMW, Audi, atau Adidas ) merupakan salah satu tujuan jalan jalan favorit (dan bahkan tujuan studi terfavorit di eropa dengan jumlah pelajar indonesia terbanyak se antero eropa ) di Eropa. Pariwisata menyumbangkan 140 Miliar Euro per tahun untuk perekonomian Jerman dengan 52,9 juta kali penginapan oleh turis yang dilayani oleh 54.000 hotel seantero Jerman. Masyarakat Jerman di kenal dengan tingkat kedisiplinan dan etos kerja yang sangat tinggi. Sebagai seorang turis dengan kerjaan sampingan sebagai pelajar di negara ini, beberapa kali saya mengunjungi Kota Kota favorit tujuan para pelancong sedunia di negara ini, Jerman. Berikut daftar kota yang telah dan akan  saya kunjungi dan saya masukkan sebagai kota yang wajib dikunjungi saat anda berwisata di Jerman....


1. Berlin




Brandenburgertör




Aaaaaaaaah, pertama kali berkunjung ke Berlin saat pergantian tahun 2012 lalu dan itu sangat sangat kacau :D. hmm, tapi buat para penyuka wisata sejarah, Berlin bisa menjadi salah satu destinasi tujuan. (semua orang tentu ingat peristiwa robohnya Tembok Berlin dan unifikasi jerman barat dan jerman timur ). Jejaknya bisa dilihat dari Brandenbürgertor yang masih berdiri kokoh. Memoar memoar pilunya perang dunia ke dua hingga pemisahan Berlin menjadi Berlin Barat dan Berlin Timur membekas hingga kini. Berlin adalah kota besar di Jerman dengan rataan biaya hidup paling murah, hanya sekitar 500-650 euro per bulan. Kereeeen, saya tak ragu menempatkan Berlin di pilihan pertama. Dari sisi klasik nan historis sampai sisi mewah seperti toko toko ritel di pinggiran Alexanderplatz tak bisa dipungkiri mempercantik aura misterius Berlin. Stasiun keretanya keren banget (maklum, cuma tahu stasiun Gambir ama stasiun Senen dan stasiun depan UI  :D ) . Berlin juga kota dengan jumlah pelancong dengan pekerjaan sampingan sebagai pelajar dari Indonesia terbanyak di bandingkan dengan kota kota lain. Ada sekitar 600 pelajar baru dari Indonesia yang datang ke Berlin per tahun. So, jangan heran kalau melihat banyak wajah wajah berkulit sawo matang, postur tidak terlalu tinggi dan bergerombol, khas pelajar Indonesia :) . Pesan saya, jangan berkunjung ke Berlin saat pergantian tahun dengan menggunakan kereta api, karena jaringan kereta api menuju Berlin sedang ramai ramainya.

2. Cologne, ( Köln )



Köln Katedral im Winter

Tahun lalu ( 2011 ) saya berkunjung ke kota ini dan hasilnya wow :D. Kota dengan sejarah panjang ini punya Gereja (Cologne Cathedral, yang sangat klasik dan kokoh tinggi menjulang ) yang terletak sepelemparan batu dari Hauptbahnhof Köln. Biasanya turis yang berkunjung ke Belanda tak lupa memasukkan Köln sebagai destinasi selanjutnya karena lokasinya yang tak terlalu jauh dari Negeri Kincir Angin tersebut. Sungai nya juga indah dan romantis. Di sekeliling sungai ada bermacam macam bangunan klasik bergaya gothic atau barok yang sangat menawan. Terdapat jembatan di pertengahan kota yang membentang dan ada banyak gembok gembok yang dibiarkan menggantung dan ada tulisan namanya (konon, nama pasangan yang dituliskan di situ akan awet hubungannya ). Jangan lupa kunjungi museum coklat. Dulu saya membayar 5 euro (kalo ngga salah ) untuk masuk ke museum coklat. dan masih banyak yang lain ( ngga mengunjungi semuanya sih ) . Pengen kesana lagi tapi sekalian ke Amsterdam (maunya :D )

3. Frankfurt am Main



Frankfurter Skyscrapper

Franfurt, frankfurt, frankfurt. Kota pusat industri pertambangan batu bara Jasa dan Keuangan nomor wahid di Eropa Barat ini adalah salah satu tujuan wisata di Jerman. Tak salah penulis menempatkan kota ini di nomor 3, terbukti dengan banyaknya wajah wajah Timur Tengah, Asia, Amerika Latin, Eropa Timur, Afrika dan belahan bumi lainnya yang tumpah ruah memenuhi jalanan. Kota ini berjarak 50 menit naik kereta (bisa RB, RE, HLB atau IC dari Giessen, kota tempat saya tinggal ) dan sangat cocok untuk refreshing setelah bosen dengan pelajaran di Uni atau FH. Mau belanja ? Foto Foto ? Makan makan ? bahkan mau galau pun bisa dilakukan di Frankfurt. Tempat favorit saya itu di tepian sungai Main, sambil nunggu sunset trus shalat Magrib. Ada tram, kereta api hingga kereta api bawah tanah ( yang di jakarta lagi sibuk diberitain nih ) yang tersedia di Frankfurt. Anda bisa berkunjung ke Römer, tempat rumah rumah klasik di Frankfurt atau ke Hauptwache, jalanan yang diapit toko toko ritel fashion, berbelanja sambil cuci mata, atau berjalan jalan di sekitaran Alte Oper, lapangan dengan patung Johan Wolfgang von Goethe (inget Goethe Institut ngga ?) memborong melihat lihat jejeran toko ekslusif PRADA, Patek Phillipe, Louis Vuitton, Gucci, Versace, Aigner, de el el. . Jangan lupa berfoto di depan ECB Frankfurt yang ada lambang euro dan bintang Uni Eropa nya, yang merupakan Bank Sentral UE yang mengatur mata uang Euro, atau dengan latar gedung Commerzbank ( warna kuningnya ngga nahan ). Tapi, tepian sungai Main itu ngga ada yang ngalahin galaunya :D

4. München



Allianz Arena. The Bavarians ? :)

Siapa yang tak kenal FC Bayern München. Para penggemar Bayern München tentu ingin berfoto di depan Allianz Arena sambil membawa syal FC Bayern München. Tenang saja, anda tidak sendirian. Saya juga kepengen foto di depan Allianz Arena. Munchen adalah ibukota Negara Bagian Bayern ( atau lebih dikenal sebagai Bavaria) Saya belum pernah sih berkunjung ke Munchen, karena jaraknya yang lumayan pikir pikir untuk dikunjungin. Universitas di sana, Ludwig Maximillian Universität dan Technische Universität München lebih menjadi faktor utama kenapa saya pengen kesini. Sebagai turis, berkunjunglah di bulan Oktober untuk menikmati ramainya Oktoberfest, festival tahunan dengan pengunjung terbesar di Jerman. 

5. Heidelberg




Ruprecht-Karls-Universität Heidelberg. Universitas tertua di Jerman dengan jurusan Kedokteran favorit  ini ada di kota  Heidelberg. Terletak di sebelah utara negara bagian Baden Wurttenberg, tak jauh dari perbatasaan dengan negara bagian Hessen. Saya baru saja berkunjung ke kota ini beberapa hari yang lalu ( karena semestertiket sampe Heidelberg :D ). Overall kota ini lumayan bagus, penuh dengan turis dan Schloss nya luar biasa keren. Satu lagi, sungainya bisa menyaingi Main nya Frankfurt, cocok buat galau.  Kornmarkt, Markplatz, Heiligenberg, Heiliggeistkirche, dan Altstadt nya keren. Saya juga baru tahu kalo saya sudah melewati Philosophenweg, jalanan yang dipenuhi oleh turis asia ( dibuktikan dengan wajah, dan bahasanya) dan toko toko unik dari Esprit sampai toko kado natal :D. Tak salah kalau kota menjadi tujuan jalan jalan. Saya anjurkan untuk datang ke sini sih. heheee, keren.

6. Saarbrücken Koblenz




Deutsche Eck tampak dari kereta gantung.

Maaf, Saarbrücken terpaksa dihapus dari daftar 10 kota destinasi liburan versi saya pribadi, karena saya menemukan kota yang lebih ciamik, Koblenz. Koblenz terletak di bagian utara negara bagian Rheinland-Pfalz dan dekat dengan perbatasan negara bagian Niedersachsen. Koblenz dikenal dengan Deutsche Eck nya, berupa tanjung daratan yang menjorok ke sungai dan membaginya menjadi dua, dimana di daratan ini terdapat patung Napoleon Bonaparte sedang menunggang kuda. Overall, Koblenz dijuluki dengna surga kecil yang tersembunyi karena banyaknya wisatawan yang tidak mengetahui keindahan kota yang terletak di bagian utara Rheinland-Pfalz ini. 

7. Wiesbaden



Grüne Park und Kurhaus, Wiesbaden



Setelah puas menikmati aroma metropolitan ala Frankfurt, tak salah berkunjung ke bangunan bangunan bergaya barok dan ketenangan Wiesbaden. Wiesbaden adalah ibukota Negara Bagian Hessen, terletak di bagian selatan Hessen. Di kota ini pula terdapat markas besar US ARMY  di Eropa, USAREUR dan terdapat 19.000 tentara AS yang berdiam di kota ini. Saya cuma sekali ke sini bersama teman teman saya dan  wow, keren dan rapi. :D . Taman kotanya asri banget,bahkan ada bangau (semacam taman liar, bukan taman kota) di sana. Jangan lupa kunjungi Neroberg, semacam taman yang tertata rapi, terletak di atas bukit dan  untuk menuju ke atas, kita bisa naik kereta, yang dijalankan seperti kereta biasa. Andaikan gunung Merapi ada keretanya pasti Neroberg ini kalah. Kurhaus dan Markplatz nya subhanallah keren :D. Ada juga Cucko Uhr, yang katanya jam kukuk kukuk terbesar di dunia. Ada FH Wiesbaden juga, cocok deh :D. Dan berharap bisa selfie bareng Nico Rosberg, pembalap F1 kenamaan atau dining bareng Reese Witherspoon. ;)


8. Leipzig







Kalau misalkan temen saya si Susabda dan Arifianto tidak tinggal di Leipzig, mungkin ngga akan mau pergi kesana.  Leipzig terletak di negara bagian Sachsen ( Eng : Saxony ). Dan setelah kesana cuma bisa bilang " Mau deh tinggal di deket Bahnhof Leipzig ". Taman kotanya asri dan tenang banget menyaingi Wiesbaden. Gedung gedung nya benar benar mempresentasikan Jerman Timur dengan ada sentuhan sentuhan jejak Uni Sovyet di masa lalu. Di sini juga banyak pelajar indonesia yang tinggal. Meski di daerah timur jerman, orang orangnya ramah dan baik sih (menurut saya ).  Ada Bach-stadt dan Uni hauptgebaude nya juga bagus. Kota yang klasik dengan sedikit sentuhan modern. Kunjungi lah Museum Johann Sebastian Bach atau Deutsches National Bibliothek, Perpustakaan Nasional Jerman yang sebenernya agak heran kenapa dibangun di Leipzig.Cocok dikunjungi  untuk wilayah jerman timur.

9.  Dresden



Dresden adalah ibukota negara bagian Sachsen ( bahasa inggrisnya sih Saxony ) dan terletak di Jerman Timur, dan tak jauh dari perbatasan Jerman dengan Polandia dan Ceko. Letaknya di tepian sungai Elbe nan romantis yang membelah pertengahan kota. Dresden adalah kota wisata yang banyak di kunjungi turis. Kota ini pernah rusak oleh perang dunia ke 2, namun beberapa bangunannya masih bisa diselamatkan. Dan oleh karena itu juga, banyak ditemukan bangunan bergaya Rusia dengan kubah mengerucut berwarna kuning keemasan dan berdinding putih bersih. Dresden juga merupakan salah satu kota ter-hijau di Eropa dengan 63 % areanya tercover oleh Ruang Terbuka Hijau. Sepertinya banyak pemkot yang harus belajar cara menjaga RTH ke dewan kota Dresden. Frauenkirche, gereja dengan kubah bergaya barok dan gothik harus masuk dalam daftar kunjungan anda. Saaat winter juga saat yang indah untuk dinikmati di dresden. Letaknya yang dilewati sungai Elbe membuatnya kadang kadang kebanjiran ( kalo jakarta sih bukan kadang kadang, tapi tiap tahun :D ) . Dresden adalah kota klasik menawan, Kronentor, Katholische Hofkirche atau Sinagoge  baru bisa anda kunjungi. Jangan lupa berfoto di depan patung Frederick August 1  ( August the Strong ) yang berwarna keemasan tanda anda pernah menjejakkan kaki di Dresden. ( saya belum pernah kesini ) :(.

10. Hamburg



Pasti tahu atau minimal pernah denger kata Hamburg SV atau kata Hamburger. Asal anda tahu hamburger itu bukan berasal dari AS, tapi dari jerman dan tepatnya di kota ini ( kalo ngga salah ). Hamburg adalah kota terbesar kedua di jerman setelah kota berlin dan banyak pelajar asing yang tinggal di Berlin. Hamburg dijuluki sebagai Venesia Jerman Utara karena bayak perairan disini ( dilewati sungai dan deket laut ). Anda bisa mengunjungi miniatur Wunderland yang indah atau berjalan jalan ke pasar ikan  nya ( tentunya lebih rapi daripada di Priok atau sunda kelapa, #swear ) . Ada juga reeperbahn, ada festival musik dan tanggal 22 september nanti, The Trees and The Wild akan manggung.

11. Giessen (tambahan)



Giesssen adalah kota pelajar yang dipenuhi oleh pelajar tiap hari. Dengan populasi sebanyak 74000 jiwa dengan 24000 jiwa adalah PELAJAR. Ada Justus Liebig Universität Giessen dan Technische Hochschule Mittelhessen (kampus penulis nih)  yang bisa menjadi pilihan studi anda. Letaknya di Mittelhessen, di antara 2 kota besar di negara bagian Hessen,  Frankfurt dan Kassel, dan merupakan ibukota bezirk Mittelhessen. Di kota ini juga, ilmuwan kenamaan dan sekaligus penemu Sinar X, Wilhelm Conrad Rötgen disemayamkan di Alte Friedhof. Untuk mendukung aktivitas mahasiswa di sini, disediakan Kantin dengan fasilitas Wifi untuk ngecek notifikasi facebook, twitter, path banyak perpustakaan dan lokasi khusus mengerjakan tugas. Anda pun bisa menghabiskan akhir pekan di Zeughaus (kalo hobi belajar n baca buku ) atau kongkow di Oswaldsgarten. Mau sepi ? datanglah ke Eichendorffring tiap akhir pekan. :))) . Anda bisa grillen di Schwanennteich sambil berjemur atau bikin cover lagu unik. :D . Atau temui saya di giessen dan kita bisa berjalan jalan ke kota lainnya








12 comments:

  1. knapa foto2 kota yang kamu kunjungin engga foto kamu di kota itu aja, kan lebih oke :D

    ReplyDelete
  2. Hehe, pengennya sih gitu, nanti deh yah :D

    ReplyDelete
  3. ada apa lagi di saar?
    ada yg lupa kamu tlis kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngga ada apa apa lagi tuh :D :p

      Delete
    2. serius ngga ada apa-apa lagi?

      Delete
    3. iya dhar, d saar emang ngga ada apa-apa lagi ko

      Delete
  4. kenapa Giessen juga? hahaha.. Aku juga baru tau nih, seno blogger jugaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. giessen kan kota sejuta jomblo :D heheheee

      Delete
    2. masa seeh... klo gitu, klo aq kesana ga usah ke giessen deh,... tambah jomblo gua hehehe

      Delete
    3. masa seeh... tambah jomblo deh aq klo mampir ke giessen hahahahaha...

      Delete
  5. Salam kenal Mas Wahyu. Saya lagi berburu beasiswa ke Jerman. Jika berkenan saya ingin tanya-tanya, boleh minta emailnya mas? Terimakasih sebelumnya. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo ulfa deasy. Salam kenal sebelumnya :) bisa hubungi saya di : wahyueno@gmail.com

      Delete