Thursday, August 23, 2012

ohmygoodness. CreateYourCreativeHabitat







Imagination is better than Technology. Ungkapan Albert Einstein yang diucapkan dahulu sekali menggambarkan bahwa kreativitas lebih baik dari segala macam produk kreatif itu sendiri. Buku karangan Yoris Sebastian ini mengubas topik tentang kreativitas dengan cara yang kreatif. Kita terlahir pun dengan kemampuan kreatif menghadapi tantangan.  Bagaimana saat kita belajar naik sepeda, berlari, berjalan, bahkan meminta uang jajan kepada orangtua pun dengan cara yang ... kreatif.!!

Bagaimana memanfaatkan skill kreatif yang Tuhan berikan kepada kita pun juga dibahas berikut dengan how to sell our creativity. Kreativitas yang dibahas disini bukan kreativitas remaja yang mencorat coret tembok untuk menuliskan nama geng atau gadis idamannya, atau kreativitas calon gubernur berkampanye memanfaatkan korban kebakaran di wilayahnya (ehh, salah fokus), kreatifitas yang dibahas disini adalah kreatifits yang menjual, yang memiliki nilai jual dan bisa ditunjukkan kepada yang lain dan berguna tentunya. :D


How to be a creative Junkies ? Based on Knowledge. Pengetahuan yang tinggi tentu akan meningkatkan Kreativitas-mu dan tentu dibarengi dengan usaha untuk melatihnya. Nge game, baca buku, bikin acara, nonton film, denger musik, adalah contoh meningkatkan Knowledge.

Gara gara buku ini pula, saya langsung kepengen nonton Red Cliff, ingin tahu apakah ada tokoh Zhuge  Liang benar benar mendapatkan 100.000 anak panah dalam waktu sehari. ( Dan rupanya benar :D ). Bagaimana caranya Zhuge Liang mendapatkan 100.000 anak panah dalam waktu sehari ? Based on Knowledge and pengalaman kreatif tentunya. :D (lebih jelasnya saksikan sendiri atau tunggu stasiun tv indonesia memutar film ini :D )

Kreatifitas mengubah segalanya. Kita memang bisa membuat burger yang lebih murah dan lebih enak daripada burger McDonalds, tapi untuk mengalahkan penjualan McDonalds, kita butuh kreativitas melebihi kreativitas Ray Kroc tentunya. Untuk mengalahkan Jokowi tentu tidak hanya butuh dukungan banyak partai ( karena dukungan banyak partai itu ngga kreatif). Kita butuh kreatifitas melebihi kreatifitas menjual baju kotak kotak dan memasarkan Esemka. Kampanye agama juga ngga kreatif, karena dari dulu kampanye ini selalu ada, dan kebanyakan gagal. Apa kali ini akan gagal juga ? mari kita tunggu kegagalannya. (#salahfokuslagi )

Penaklukan Konstantinopel juga dilakukan dengan cara kreatif. Menyeret kapal perang ke darat menggunakan kayu yang dilumuri minyak sejauh 5 kilometer lalu dilayarkan kembali adalah contoh kreatifitas Al Fatih. Penggunaan meriam dalam penaklukan ini juga hasil dari kreativitas. Hasilnya, penaklukan yang dinanti nati pun tiba dan berhasil dengan sempurna. Bagaimana caranya ? based on Knowledge. :)) How creative that can be !!

Bagaimana Aqua menjadi market leader air minum kemasan ? Creative. Aqua mengubah kemasan air mineral dengan botol plastik seperti sekarang dan diikuti oleh banyak produsen air kemasan di dunia. Aqua lah kreator penggunaan botol plastik bening dan penelitian sumber air selama minimal 1 tahun untuk menjamin para konsumennya. Hasilnya ? penjualan senilai 1,7 triliun per tahun. Dahsyat !!


Masih banyak lagi contoh contoh kreatifitas yang menjual untuk disebutkan. Bagaimana produsen Mobil Jepang bisa menguasai dunia, itupun dengan cara yang kreatif.  Produsen Mobil Jepang mendesain mobil yang lebih aerodinamis, lincah dan lebih murah. Sementara pabrikan Amerika dan Eropa malah meremehkan dan mempertahankan desain mereka yang besar dan kaku serta lebih mahal. Hasilnya : Muncullah Toyota, Honda, Mitsubishi, Mazda yang menjadi pabrikan disegani di dunia.

Bagaimana caranya seperti mereka ? mulailah dengan yang kecil. Every big step starts with an inch. Perjalanan panjang ratusan mil itu dimulai dengan satu langkah kaki. :).  Misalkan : bagaimana cara menikah dengan segera. Eh salah, caranya ? beli buku ini dengan uang hasil anda bekerja sendiri tanpa pemberian orang tua, contohnya. Perlu cara yang kreatif bukan ? :))))))




2 comments: